Gamis Adalah Pakaian Yang Di Sukai Nabi SAW

gamis


Rasulullah SAW Menyukai Gamis. Pakaian Kemeja Yang Berukuran Panjang

Beberapa etika dalam berpakaian adalah salah satunya memperhatikan jenis mode yang dipilih. Selain tidak menonjolkan aurat, bahan dari beberapa yang dilarang seperti emas dan sutera, pemilihan pakaian juga hendaknya sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Uswah kita Rasulullah SAW.

Rasulullah memiliki pribadi yang luhur serta akhlak yang tinggi. Akhlak beliau ketika ditanyakan kepada istri beliau Aisyah r.a. bahwa akhlak Rasulullah adalah Alquran. Beliau juga dikatakan "Alquran Berjalan" karena cerminan yang terkandung dalam Alquran sudah ada dalam akhlak keseharian beliau.

Begitu juga dalam berpakaian, beliau menganjurkan kita untuk berpakaian dengan mode Gamis atau kemeja panjang. Sesuai dengan hadist yang di keluarkan dari Ummu Salamah :
Dari Ummu Salamah ra, ia berkata, "Pakaian yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah gamis (kemeja panjang)." (HR. Abu Daud dan At- Tirmidzi). Kata At Tirmidzi, hadist ini Hasan
Semoga saja hadist diatas dapat menginspirasi kita untuk lebih mencintai lagi Nabi kita dengan menghidupkan sunnah-sunnahnya yang kebanyakan orang sudah tinggalkan.

Minimal sekali pemakaian gamis ini kita gunakan saat akan pergi sholat ke masjid atau tempat-tempat taklim atau kalau perlu di dalam keseharian hidup kita. (Abu Abdurrahman / Ittiba.Net)
Share on :